1. Telepon gemeresek
Problem ini disebabkan karena:
a.Kabel telepon tidak baik,
b.Teleponnya rusak,
c.Saluran telkom atau jaringan tidak baik.
Pemecahan:
a.Ganti kabel telepon,
b.Ganti telepon,
c.Periksa saluran telkom atau jaringan
2. Suara kecil
Problem ini disebabkan karena:
a.Kabel telepon tidak baik,
b.Teleponnya rusak,
c.Saluran telkom atau jaringan tidak baik.
Pemecahan :
a.Ganti kabel telepon,
b.Ganti telepon,
c.Periksa saluran telkom atau jaringan.
3. Tidak bisa angkat gagang atau tutup gagang
Problem ini disebabkan karena :
a.Switch on hook atau off hook rusak,
b.Card wartelnya rusak.
Pemecahan :
a.Ganti telepon,
b.Ganti card wartelnya.
4. Tidak bisa putar nomor angka tertentu atau nomor tertentu tidak terdeteksi
Problem ini disebabkan karena:
a.Numpad, atau tombol-tombol di pesawat teleponnya rusak,
b.Card wartelnya rusak.
Pemecahan:
a.Ganti telepon.
b.Ganti card wartelnya.
5. Bunyi Suara Lain
Problem ini disebabkan karena :
Saluran atau jaringannya induksi dengan kabel lain.
Pemecahan :
Kabel saluran diperiksa atau diganti.
1.1 Masalah seputar operasional
1.1.2. KBU tertentu atau seluruh KBU Hang
Problem ini disebabkan karena:
a.Komputernya hang – jika seluruh KBU tidak bisa dioperasikan,
b.Card wartelnya hang – jika salah satu KBU tidak bisa dioperasikan.
Pemecahan :
a.Boot ulang komputer, periksa fan atau kipas mungkin CPU nya kepanasanan, ganti komputernya
b.Cabut card wartel, bersihkan slot ISAnya dan pasang kembali
1.1.3. Sudah sambung tidak terhitung
Problem ini disebabkan karena :
a.Salah setting program wartel
b.Sentral tidak mengirimkan signal 16 kc atau reverse polarity
c.Card wartelnya rusak
Pemecahan :
a.Periksa setting program menu F8 pilihan 10, tentang cashing signal. Jika menggunakan M atau R, yang artinya sentral telkom seharusnya mengirimkan signal 16 kc atau reverse polarity waktu sambung, sedangkan problem ini terjadi kadang-kadang saja. Maka dipastikan signal itu tidak dikirimkan oleh sentral jaringan. Oleh karenanya, untuk nomor-nomor tertentu harus dibantu asistensi operator untuk memulai perhitungan pulsa.
b.Periksa setting program menu F8 pilihan 10, jika menggunakan voice detect dan tetap tidak terhitung, maka card wartelnya rusak
1.1.4. Belum sambung sudah terhitung
Problem ini disebabkan karena:
a.Card wartelnya rusak.
b.Signal 16 kc atau Reverse Polarity sudah dikirimkan.
c.Mail box.
Pemecahan:
a.Tukarkan card wartelnya dengan yang benar
b.Cek sendiri langsung dengan pesawat telepon atau tanpa melalui perangkat wartel apakah signal 16 kc atau reverse polarity nya dikirimkan waktu belum sambung – jika ya maka jaringan nya tidak baik
c.Apakah nomor tujuan itu mail box, sebab mail box dianggap sudah tersambung
1.1.5. Pulsanya tidak naik
Problem ini disebabkan karena :
a.Pada mode H = home metering, signal 16 kc tidak dikirimkan secara continue oleh sentral jaringan
b.Card wartelnya rusak
Pemecahan:
a.Jika masalahnya muncul kadang-kadang dan mode H = home metering, maka dipastikan sentral jaringannya tidak konsisten mengirimkan signal 16 Kc secara kontinu, maka ganti saja mode S = self metering dengan asumsi setup zona nya sudah benar.
b.Jika masalah ini muncul terus menerus, maka card wartelnya diganti saja.
1.1.6. Tarif nya terlalu murah atau terlalu mahal pada mode S = self metering
Problem ini disebabkan karena:
a.Setup software nya tidak benar.
b.Index file nya corrupt.
Pemecahan:
a.Periksa setup software
b.Lakukan re-index
1.1.7. Tarif nya terlalu murah atau terlalu mahal pada mode H = home metering
Problem ini disebabkan karena :
a.setup software nya tidak benar,
b.index file nya corrupt,
c.sentral jaringan mengirimkan signal 16 kc nya kontinu tetap tidak menuruti periodic yang benar.
Pemecahan:
a.Periksa setup software,
b.Lakukan re-index,
c.Ganti menjadi mode S = Self metering dengan asumsi setup zonanya sudah benar.
1.1.8. Menu F5 atau F6 atau F8 zona kota tidak ada isinya
Problem ini disebabkan karena:
a.File data belum direindex
b.File DATAKODE.DBF rusak
Pemecahan:
a.Lakukan reindex
b.Copy kembali file DATAKODE.DBF atau ZONA.DBF atau ambil DATAKODE.DBF atau ZONA.DBF dari file DATASTAN.EXE caranya :
DATASTAN DATAKODE.DBF
DATASTAN ZONA.DBF
Lalu setup ulang zona menu F5 atau F6 atau F8 zona-nya.
1.1.9. Program tidak bisa dibuka
Wartel.exe tidak mau dijalankan
Problem ini disebabkan karena:
a.File wartel.exe nya rusak,
b.File CONFIG.SYS atau AUTOEXEC.BAT isinya salah,
c.File SETUP.DBF atau DATASET.DBF nya rusak,
d.File index nya rusak.
Pemecahan :
a.Copykan wartel.exe yang baru,
b.Periksa isi CONFIG.SYS atau AUTOEXEC.BAT,
c.Hapus file SETUP.* dan DATASET.* lalu isi kembali setup menu F8 dengan baik,
d.Lakukan reindex.
1.1.10. Corruption Detected
Problem ini disebabkan karena:
File index nya rusak
Pemecahan:
Lakukan reindex WARTEL INDEX
Masalah Seputar Alat Telepon
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar